Logo PT. Duta Indomandiri
Prospek Cuan Hijau Bisnis Material Baterai Lotte Chemical 12 July 2022

Prospek Cuan Hijau Bisnis Material Baterai Lotte Chemical

Banyak perusahaan dunia yang mulai fokus menggarap sektor energi ramah lingkungan, salah satunya perusahaan asal Korea Selatan, Lotte Chemical.

 

Komitmen tersebut dibuktikan dengan road map strategi jangka panjang perusahaan yang akan menggelontorkan dana sebesar 10 triliun won atau setara dengan Rp 115 triliun hingga 2030.

 

Sebanyak 40% dari komitmen dana tersebut akan dialokasikan untuk mengembangkan bahan baku baterai yang diproyeksikan dapat mencetak pendapatan hingga 5 triliun won (Rp 58 triliun).

 

Sebagai informasi, hidrogen merupakan salah satu sumber energi bersih yang sudah mulai dikembangkan. Elemen ini dikatakan bersih karena pembakarannya tidak melibatkan karbon sebagaimana minyak, gas dan batu bara.

 

Menurut perkiraan perusahaan, pasar hidrogen global pada 2030 bakal mencapai 98 juta ton. Itu artinya jika target produksi terpenuhi maka Lotte Chemical bisa mengamankan pangsa pasar 1,2%.

 

Selain mengembangkan EBT, raksasa kimia asal Korea ini juga akan berekspansi ke bisnis daur ulang dan bioplastik untuk menghasilkan satu juta ton produk dengan revenue sampai Rp 23 triliun per tahun dan menelan biaya investasi hingga Rp 11,5 triliun pada 2030.

 

Melalui Lotte Chemical Titan International Sdn. Bhd, perusahaan kimia asal Negeri Ginseng tersebut menguasai 92,5% saham PT Lotte Chemical Titan Tbk. (FPNI).

 

Untuk diketahui LINE Project fokus pada pembangunan kompleks pabrik petrokimia dengan kapasitas produksi mencapai 2 juta ton per tahun.

 

Produk petrokimia yang dihasilkan antara lain etilen sebanyak 1 juta ton, propilen 520 ribu ton, polipropilen 250 ribu ton dan sisanya produk kimia lain.

 

Source: https://www.cnbcindonesia.com/market/20220619110433-17-348315/prospek-cuan-hijau-bisnis-material-baterai-lotte-chemical

Related News: